Open GL
OPEN GL
( TUGAS )
( TUGAS )
NAMA :
GESTIYAWATI
NPM : 12110984
FAKULTAS : ILMU
KOMPUTER
MATA
KULIAH : GRAFIK KOMP. & PENGOLAHAN CITRA
Membuat garis vertical, horizontal dan
diagonal dengan open gl
Software yang di perlukan adalah DEVCPP dan
GLUT-3.7.6 seperti pada gambar di bawah ini:
Instalasi DVCPP
Pilih inggris, klik ok.
Klik I Agree untuk melanjutkan instalasi
Klik next
Klik install
Gambar
diatas biasanya muncul jika computer kita menggunakan user lebih dari satu. Klik
yes jika ingin di install di semua user yang sedang di gunakan, klik no jika
tidak mau menggunakan semua user.
Setelah
diinstall. Pada menubar pilih tools -> package manager
Lalu
ketika package manager sudah muncul pilih type file zip. Dan klik glut-3 di tempat
kita meletakkan data tersebut. Lalu klik open.
Secara otomatis akan menginstall
dengan sendirinya setelah di klik open, seperti gambar di bawah ini.
Jika
glut-bin sudah ada di dalam package manager. Maka openGL siap di jalankan.
Untuk
membuat file baru pada menubar pilih file -> new -> project
Pilih
yang multimedia untuk OpenGL, lalu klik OK.
Untuk membuat kodingan garis Horizontal
Logika
programnya :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar
dalammode RGBA ]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.15,15.0,18.18);
[ untuk menentukan titik
awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian belakang
buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna
garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.7f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk menentukan titik awal
yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
[ untuk
menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.7f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk menentukan
titik akhir yang digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri
gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Untuk membuat kodingan garis diagonal
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar
dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna
garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk menentukan titik
awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [
untuk menentukan titik akhir yang
digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri
gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);