Open GL


OPEN GL
( TUGAS )
NAMA                : GESTIYAWATI
NPM                  : 12110984
KELAS               :  3KA28 
JURUSAN           :  SISTEM INFORMASI
FAKULTAS          :  ILMU KOMPUTER
MATA KULIAH    :  GRAFIK KOMP. & PENGOLAHAN CITRA

Membuat garis vertical, horizontal dan diagonal dengan open gl

Software yang di perlukan adalah DEVCPP dan GLUT-3.7.6 seperti pada gambar di bawah ini:




Instalasi DVCPP

Pilih inggris, klik ok.


Klik I Agree untuk melanjutkan instalasi


Klik next


Klik install


Tunggu sampai tombol next bisa di klik, baru di klik next

Gambar diatas biasanya muncul jika computer kita menggunakan user lebih dari satu. Klik yes jika ingin di install di semua user yang sedang di gunakan, klik no jika tidak mau menggunakan semua user.






Setelah diinstall. Pada menubar pilih tools -> package manager


Lalu ketika package manager sudah muncul pilih type file zip. Dan klik glut-3 di tempat kita meletakkan data tersebut. Lalu klik open.

Secara otomatis akan menginstall dengan sendirinya setelah di klik open, seperti gambar di bawah ini.

Jika glut-bin sudah ada di dalam package manager. Maka openGL siap di jalankan.

Untuk membuat file baru pada menubar pilih file -> new -> project

Pilih yang multimedia untuk OpenGL, lalu klik OK.


Untuk membuat kodingan garis Horizontal



Logika programnya :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA ]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();             [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);     [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);                [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.15,15.0,18.18);  [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,0.0);                 [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd ();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);




Untuk membuat kodingan garis vertikal

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);  [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.7f, 0.0f, 0.0f);   [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        [ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.7f, 0.0f, 0.0f);     [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);


Untuk membuat kodingan garis diagonal


/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

glClearColor(1,1,1,0);   [untuk menentukan warna garis/titik]

glColor3f(1,1,1); //       [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);        [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,-0.8);        [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]



glEnd ();              [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();  [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]


Sleep (1);





              






Follow Me On Twitter Follow Me On Instagram Follow Me On Facebook ndorogestii@gmail.com Follow Me On Fanpage Facebook

0 Response to "Open GL"

Post a Comment