Pengalaman Menjadi Programmer

Assalamualaikum guys....
Udah seminggu gue ga nulis lagi, biasa sibuk. #curcol
Tulisan kali ini gue mau sharing pengalaman tentang suka duka menjadi programmer, apalagi programmer wanita seperti gue ini hoho.

(source pict by : www.keepcalm-o-.co.uk)


Dari segi mencari pekerjaan, programmer ini pasti cepet dapet kerja. Karena sekarang semua perusahaan 99% pasti memakai komputer mungkin yang 1% nya gatau perusahaan apaan yang ga pakai komputer wkwk :P  Setiap program komputer juga pasti kan ada perubahannya kan dan setiap program pasti akan di develop, nah pasti butuh programmer deh. Apalagi programmer wanita macem gue gini hoho :P

Heumm,, enaknya ngoding itu. kalau gue hatinya lagi senang entah senang karena dalam perjalanan ke kantor melihat hal-hal yang bikin hati gue seneng ataupun gue lagi jatuh cinta. biasanya kalau gue lagi  jatuh cinta, pernah tuh seharian gue ngoding eh alhamdulillah syntax ga ada yang eror hahah. jadi programmer itu enak loh, ga percaya ? nih gue, gue tuh paling seneng banget kalau ngoding dari yang syntax eror terus sampai jadi hasil outputnya yang kita mau. heummm,, rasanya gue mau joget-joget dikantor saat itu juga. tapi tetep yaa programmer juga kan harus stay cool, malu juga joget-joget di depan temen kantor ya paling cuma nyengir-nyengir ga jelas depan komputer.

Jadi programmer itu enak ga ya? ya enak banget lah, kalau emang udah bener-bener mentok kita bisa tanya sama forum programmer. Anak-anak programmer baik-baik kok mereka pasti akan kasih masukan untuk kita kalau emang kita udah mentok banget. Sebenernya sih jadi programmer itu cuma kopi paste kodingan aja, cuma yang menjadi tantangannya adalah ketika logika kita dilatih untuk berimajinasi tentang sistem program yang akan kita buat nanti.

Jadi programmer itu pusing ga sih ?
Heummm, kenapa pusing coba? pusing karena sintak-sintak dan tulisan-tulisan ga jelas gitu? hey hey,,, kalau kita udah mengerti alurnya kita pasti tau celahnya yang mana yang harus diubah dan mana yang ga perlu diubah apalagi sekarang juga kan udah banyak bahasa pemrograman yang memudahkan kita untuk ngoding atau untuk develop nanti, yang kita ga usah repot-repot nyusun struktur kodenya.

terus dukanya jadi programmer apa? kok semua keliatannya enak-enak yaa? hoho
ga enaknya jadi programmer adalah ketika listing program kita udah oke, kita tinggal posting kemudian orang desainnya sibuk dan belum kasih icon-icon pendukung programnya. alhasil kita harus nunggu sampai icon itu fix dan selesai di design kan? Nah, gue pernah ada di posisi itu. dan untuk mereka yang ga mengerti tentang ini, mereka menganggap gue jadi LAMA MENGERJAKANNYA. Andai si boss tau huhuhu :'(
Satu lagi dukanya, dukanya itu kalau jadi programmer terus semuanya si programmer yang buat. Dari listing program, perancangan database, Develop program sampaiiiiiii hal-hal sepele yang diluar job desk programmer dilakukan itu ga enak banget semuanya dikerjaan sendirian :'(

anyway ini daritadi mana pengalamannya? hahaha oke baiklah, ini pengalaman terberharga gue ketika gue mendevelop program framework. programnya di kunci sama si penjual web itu. jadi gini, boss gue beli program tapi programnya ya sekitar baru 30% kemudian gue diberikan kepercayaan untuk mendevelop itu program sampai sempurna. Tapi gue gatau sistemnya bagaimana dan semuanya gue tangani sendiri dari perancangan database, implementasi, analisis data, pokoknya semuanya sendiri padahal menurut gue itu kan program yang lumayan besar. Terus gimana jadinya? ya gue bilang gue bisa kalau gue buat dari awal tapi butuh waktu yang lama karena gue buatnya kan sendiri. Tapi karena tuntutan owner jadiiii, yaa hanya ALLAH dan orang-orang yang terlibat yang tau kelanjutannya gimana.

jadi gitu, karena gue menikmati apa yang gue kerjakan saat ini sebagai programmer jadi menurut gue banyak hal sukanya jadi programmer. intinya jangan pernah berhenti untuk membaca, jangan pernah berhenti untuk mengerti sintaks yang baru, jangan pernah berhenti menjadi orang yang rajin, tetep selalu berdoa dan SEMANGAT....

Begitulah pengalaman gue sebagai programmer wanita hohooo.





Follow Me On Twitter Follow Me On Instagram Follow Me On Facebook ndorogestii@gmail.com Follow Me On Fanpage Facebook

2 Response to "Pengalaman Menjadi Programmer"

  1. Unknown says:

    seru juga

    Gesti says:

    seru dong. pekerjaan ini ga pernah ngebosenin loh. percaya deh

Post a Comment