Pengantar Telematika

Tentang Telematika


Telematika (perancis: Telematique; Inggris : Telematics) dalam bahasa Indonesia singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Telematika adalah saran komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuan mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantara suara (telepon, musik), huruf, gambar,  dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital membuat hal tersebut lebih memungkinkan untuk terjadi.
Menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan Informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan dari TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA =informatika.
• Mengacu kepada penggunaan dikalangan masyarakat
telematika Indonesia (MASTEL): Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa telematika adalah teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik dengan sistem digital.
Istilah telematika banyak dipakai di dalam beberapa bidang, seperti:
  • Secara umum : istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicles telematics).
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai teknologi komunikasi dan informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyampaian informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

Contoh Aplikasi Telematika

Dalam dunia perdagangan, telematika menghadirkan konsep e-commerce yaitu tentang transaksi jual beli secara online. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik mulai dari pengiklanan di beberapa website, pemesanan, transfer uang, pengiriman bukti transfer, hingga layanan customer service dilakukan secara elektronik (online).
Dalam dunia perkuliahan, telematika digunakan dalam kegiatan e-learning yaitu proses belajar mengajar secara online tanpa masuk ke dalam kelas. Tugas pun dapat diberikan secara online dan jawabannya dapat dikirimkan secara online lewat email  ataupun langsung dari website e-learning tersebut.

Ragam Bentuk Telematika

1. E-goverment
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk\administrasi pemerintahan secara elektronik.
2. E-commerce
Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik.
3. E-learning
Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.
Bentuk telematika lainnya masih banyak lagi, antara lain ada e-medicine, e-laboratory, etechnology,e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya.
• Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud
hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference.
Referensi:
a. staffsite gunadarma
b. http://bangwildan.web.id
c. http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
d. http://blog.pasca.gunadarma.ac.id



Follow Me On Twitter Follow Me On Instagram Follow Me On Facebook ndorogestii@gmail.com Follow Me On Fanpage Facebook

0 Response to "Pengantar Telematika"

Post a Comment