metode laporan ilmiah




  • a.   Syarat-syarat laporan
    Laporan pada dasarnya adalah alat komunikasi juga. Supaya dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif, sebuah laporan harus memenuhi syarat–syarat berikut ini.


    1.   Lengkap: Artinya data dan fakta yang ada dalam laporan harus lengkap
    2.   Jelas : Sebuah laporan disebut jelas bila uraian dalam laporan tidak memberi peluang ditafsirkan secara berbeda oleh pembaca yang berbeda. Ini dapat dicapai bila bahasa yang digunakan benar dan komunikatif.
    3.    Benar / akurat: Data dan fakta yang salah dapat menuntun pembaca membuat suatu keputusan yang salah. Jadi kebenaran dan keakuratan isi laporan sangat diperlukan.
    4.   Sistematis: Laporan harus diorganisasikan sedemikian rupa, dengan system pengkodean yang teratur, sehingga mudah dibaca dan diikuti oleh pembaca. Laporan yang sistematis juga menunjang unsur kejelasan yang sudah diciptakan oleh unsur – unsur bahasa.
    5.   Objektif:Penulis laporan tidak boleh memasukkan selera pribadi ke dalam laporannya. Pelapor harus bersikap netral dan memakai ukuran umum dalam minilai sesuatu.
    6.    Tepat waktu: Ketepatan waktu mutlak diperlukan, karena keterlambatan laporan bisa mengakibatkan keterlambatan pengambilan keputusan.

    b.   Macam-macam  Laporan

    ·                     Laporan berbentuk Memo; Biasanya laporan pendek yang memuat hal – hal pokok saja, dan beredar di kalangan intern organisasi.
    ·                     Laporan berbentuk Surat; Isinya lebih panjang daripada laporan yang berbentuk memo, sekitar tiga lembar folio. Bisa ditujukan ke luar organisasi.
    ·                     Laporan berbentuk naskah; Laporan ini bisa panjang atau pendek. Bila panjang dibuat dalam format buku, dan dalam penyampaiannya mutlak diperlukan surat atau memo pengantar.

    ·                     Laporan berbentuk Campuran; Laporan ini tidak lain gabungan antara bentuk naskah dengan memo atau surat. Dibuat begini karena isinya cukup kompleks sehingga harus dipadukan dengan bentuk naskah agar pengkodean bagian – baiannya lebih mudah dilakukan.
    ·                     Laporan berbentuk formulir.
    ·                     Laporan berbentuk buku.

    c.   Ciri-ciri laporan

     ciri laporan yang baik ialah:
    • Bersifat objektif & sahih, iaitu bukan tanggapan atau agakan.
    • Mempunyai unsur penilaian.
    • Mempunyai unsur ilmiah, empirikal dan konkrit.
    • Fakta-fakta yang dipersembahkan dalam laporan disertakan dengan gambar, foto, jadual atau graf bagi memudahkan gambaran pemahaman pembaca.
    • Bahasa yang digunakan dalam laporan mestilah ringkas & mudah.
    Unsur laporan:
    • Fungsi atau objektif– sesuatu laporan perlu mencatatkan fungsi atau objektif dalam laporan tersebut
    • Pernyataan pendapat– pelapor perlu membuat kesimpulan setelah mengkaji, menilai, dan mengupas bukti-bukti yang diketengahkan.
    • Pengenalan– pernyataan ringkas tentang kaedah penyelidikan.
    • Hujahan– digunakan oleh pelapor bagi mempertahankan pendapatnya, terutama bagi jenis laporan khas tentang suatu fenomena yang berlaku.
     Kesimpulan
    rumusan secara keseluruhan terhadap perkara yang telah diperkatakan dalam laporan.Cadangan- cadangan adalah sesuatu yang disarankan kepada pihak yang terlibat. Boleh direalisasikan oleh pihak-pihak yang terlibat.• Penyampaian- dipersembahkan dalam bahasa yang ringkas dan mudah difahami.


    Referensi:
    1.   Mukayat D. Brotowidjoyo. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo, 2002.
    2.   Rouny Kountur. Metode Penelitian: Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM, 2005.
    3. wikipedia.org







Follow Me On Twitter Follow Me On Instagram Follow Me On Facebook ndorogestii@gmail.com Follow Me On Fanpage Facebook

0 Response to "metode laporan ilmiah"

Post a Comment