Antara Bokap, Nyokap dan Ayamnya

Bokap adalah yang paling royal di keluarga. Tiap kali gue minta uang pasti selalu di kasih sama beliau. Sifat bokap mungkin keturunan dari alm mbah gue, Setiap gue pulang dari tempat mbah di Klaten jawa tengaH gue PASTI di kasih duit. Suatu ketika gue pulang menuju Bekasi, bis berhenti DI salah satu tempat makan.

Kalo bokap gini
Bokap : “kamu mau beli makan ga? Pilih-pilih aja makanan yang kamu mau”
Gue : “ mau pa, mau banget mau. YaWdah deh Gea pilih ya makanannya “
Bokap : “ pilih aja makanannya nanti biar bapa yang bayar “
Kalo nyokap gini
Nyokap : “Mau beli makan ga Ge? Ada banyak makanan yang enak tuh. Pilih aja”
Gue : “mau ma, mau banget mau. YaWdah deh Gea pilih yaa makanannya “
Nyokap : “Entar dulu jangan jalan ke sana dulu, Duit yang dari mbah masih ada kan?”
Gue : sambil bengong gue bilang ke nyokap “hmmm,,, Maaa…sih Ma masih. Ga jadi ma ga jadi beli, makanannya ga ada yang enak”

Nyokap adalah yang paling punya banyak ayam di keluarga. Suatu ketika gini:

** nyokap mau pergi arisan seharian

Nyokap : “Ge mama mau pergi arisan, jauh nih tempatnya. Mungkin mama pulangnya sore. Jangan lupa kasih makan ayam yaa !!!”
Gue : “tenang ma, bakalan Gea kasih makanan empat sehat lima sempurna buat semua ayam-ayam mama”

** nyokap mau pergi kondangan dalam keadaan mendung

Nyokap : “Ge mama mau kondangan, udah mendung bentar lagi mau ujan jangan lupa abis kasih makan ayam tutupin atas kandangnya yang bolong-bolong pake papan. Biar ayamnya ga keujanan !!!”

** nyokap mau pergi maulid Nabi acaranya pagi hari

Nyokap : “Ge mama mau maulid, di meja dapur di kantong plastik hitam ada dedek buat makan ayam. jangan lupa siangnya kasih makan ayam !!!”

** sampai pada akhirnya **

Nyokap pernah pergi ke mana gitu gue lupa, pokonya nginep deh 1 malem. Nah gue pikun, ade gue si teri lebih pikun dari gue. Sewaktu nyokap pulang.
Nyokap : “ya ALLAH ini kenapa ayam-ayam mama mengkerut gitu? Kasian banget kelaperan. pasti kalian lupa ga ngasih makan ayam yaa. Bener-bener deh kalo di pesenin sama orang tua ga pernah bener.”

Gue : “ini semua salah lo teri !!!”
Teri : “yee enak aja nyalahin gue. ini semua tuh salahnya febi”
Febi : (ade gue yang masih kelas 3 sd) “ kok febi sih yang di salahin? ini semua kan salah mama lagian mama siapa suruh ayamnya ga di bawa nginep”

** Ada lagi insiden kaburnya si ayam dari kandang.
Tiap kali nyokap mau motong ayam pasti nyokap seneng banget deh, keliatan banget dari mata yang berbinar-binar tiap kali berkata “besok kita potong ayam, hayoo siapa yang ga mau ayam?”
Sampai pada suatu hari, sepertinya ayam nyokap yang mau di potong itu HILANG. Tidak ada dari kandangnya, mistis sekali. nyokap sampai pusing mencari kesana-sini. Akhirnya nyokap curhat ke gue. Di situ ada ade gue juga.
Nyokap : “ya ALLAH febii kenapa ayam mama ilang? Padahal hari ini mau di potong. Udah ayamnya paling gede, Paling subur, di kasih makan paling banyak. Eh ilang pas mau di potong”
Febi : “mama sih lagian bilang-bilang mau potong ayam, ayamnya denger kali tuh ma makanya ayamnya kabur” (terlihat muka serius ade gue)

Nyokap : hanya terdiam tanpa kata
Gue : “nah loh ma hayoloh ma. Cari aja ma siapa tau ketemu, kasian ma nanti malem pasti ayamnya kedinginan, ga di kasih makan, kehidupan di luar sana buat seekor ayam itu sangat mengerikan ma. Nanti kalo ayamnya kabur sampai stasiun Bekasi? Terus terlindas sama kereta gimana ma? Kasian ma, kalo kata Raditya Dika kita itu harus punya jiwa prikehewanan yang lebih detailnya lagi prikeayaman. ayam juga kan ma punya hak asasi untuk di lindungi dan di pelihara“

Nyokap : “ya ALLAH bener deh, gara gara bilang gitu jadi kabur ayamnya. Nanti sore mama cari ayamnya. Bener juga tuh kata temen kamu si Gradit” (nyokap emang paling susah buat nyebut nama yang masih awam banget).

Gue : “ma, namanya Raditya Dika bukan Gradit. Bukan temen juga ma, bang Radit itu penulis ma. Boro-boro jadi temen ma twiter aja ga pernah di bales sama bang radit”.

Nyokap : “mama yang keilangan ayam, kenapa jadi kamu yang curhat? Terserah deh mau namanya Gradit, Granat, Bandit siapa lah itu pokonya mama lagi pusing ini ayam kemana yaa”

Gue : “ya ampun ma, masih aja di pikirin. Besok beli aja sih yang baru”
Nyokap : “kamu ga tau sih gimana perjuangan mama membesarkan ayam-ayam dari mereka kecil hingga dewasa sekarang”
Gue : Ternyata gue sama ayam beda tipis di mata nyokap

* ke esokan harinya *
Nyokap : “ ehh laahhh ini ayam balik lagi. (nyokap heboh sendiri) ya ALLAH Alhamdulillah”
febi : “ istighfar ma, istighfar “

sejak kejadian itulah tiap kali nyokap mau potong ayam, ga pernah bilang-bilang lagi. Dengan alas an takut ayamnya kena serangan jantung atau melarikan diri dan mencoba mencari majikan baru yang mau merawat ayamnya hingga tua nanti yang sampai si ayam tumbuh kumis dan jenggot.


 ------------------------------------------------------------
ini tulisan yang pernah gue  ikutin dalam lomba, hasil dari maksa-maksa buat orang like lumayan dapat 178 like orang. 177 diantaranya adalah saudara gue sendiri hehehe...

ini dia beberapa komentarnya:
ada yang komennya kayaknya maksa gitu, takut kali ya pulangnya di jegat sama gue hahaha.
dan alhamdulillah abis ikut lomba ini gue langsung menang, iya menang. menang di hati google *eaaa







Follow Me On Twitter Follow Me On Instagram Follow Me On Facebook ndorogestii@gmail.com Follow Me On Fanpage Facebook

0 Response to "Antara Bokap, Nyokap dan Ayamnya"

Post a Comment