Belilah meskipun kita tidak begitu butuh

assalamualaikum akhi ukhti pembaca setia blog sugestiku..
hemm, mau cerita pengalaman sedikit nih. tapi sumpah ini ga bermaksud untuk riya atau apapun.
niatnya cuma share pemikiran aja dan bantu sesama aja.

semenjak kuliah semester akhir, gue banyak banget belajar hal tentang hidup.
gue itu tipe orang yang pelit kasih ke pengemis, maaf :(
semenjak gue baca ada pengemis gadungan atau apalah-apalah.
gue jadi agak ragu untuk memberi, sejujurnya gue lebih seneng membantu untuk masjid atau,,
atau membeli sesuatu di pedagang yang tua renta.

di awali dari seringnya gue naik kereta menuju ke kampus yang ada di depok....
dari kejauhan terdengar
"dompetnya...dompetnya...dompetnya 5 ribu.. dompetnya" suara lirih kakek si penjual dompet itu,
karena begitu banyaknya orang yang tidak menghiraukan si kakek itu, berlalu ya berlalu aja terburu-buru dengan jalan cepat.
gue jadi malu untuk membelinya. jujur gue waktu itu masih malu banget, malu kenapa ga langsung beli kan harganya cuma 5 ribu?
iya malu, soalnya ga ada yang beli. pokoknya malu deh :(

niat gue buat beli dompet itu sebenernya udah lama banget, dari gue mau sidang, selesai sidang sarjana... ambil toga.. udah ambil toga... sampai pakai toga....
hmmm, baru sempet pas mau ambil ijazah sarjana.
dan dompet yang gue beli waktu itu, harga yang paling mahal dengan tanpa tawar menawar, hehe
ini bukan riya, sumpah jangan suudzon please...
yang ada di pikiran gue saat itu, biarin ajalah gue beli. itu juga mungkin gue orang yang beli dagangannya pertama kali dihari itu...
belum tentu ada juga yang beli kan? kalau bukan kita, siapa lagi? untuk memenuhi kebutuhan hidupnya saja, berapa sih keuntungan yang didapat?
cukup ga sih buat istri anak dan cucunya? kakek itu sudah tua loh, tapi hebat tidak mengemis...! mashaallah :')
akhir-akhir ini gue udah ga denger suara itu lagi di parkiran stasiun Bekasi. Semoga saja kakek itu masih hidup, dan hidupnya masih diberkahi ALLAH SWT aamiin :)

suara itu emang udah ga gue denger lagi di stasiun Bekasi, tapi ada lagi kakek penjual kaset cd.
pengguna kereta api yang sering ke stasiun Bekasi pasti tau..
kakek ini kalau pagi kadang udah jualan, tapi kalau sore sampai malam pasti ada.
kakek ini selalu memutar kaset yang di jualnya, sambil berdiri dengan raut muka yang aahhh sedih kalau di ceritakan...
setiap kali lewat ga sanggup liatnya, ga tegaaa banget :'(
nah, ini baru sebulan gue engeh ada penjual kaset, dan baru sempet beli kemarin...

dan mashaallah, kirain harga kaset yang dijualnya diatas 10ribu, ternyata cuma 4 ribu.
ya ALLAH pas gue tau harganya segitu gue langsung diem liatin muka kakeknya lebih lama...
dalam hati gue bertanya, berapa keuntungan yang kakek ambil di tiap keping kasetnya? cukup kek untuk hidup?
gue pilih-pilih aja kaset yang mana yang gue ingin, biar di kira emang gue lagi butuh banget kaset..
hmm padahal mah gue ga begitu butuh kaset itu.
tapi gue seneng deh, meskipun kakek itu ga meminta dan mengemis adaaaa aja orang baik di sekelilingnya.
kenapa gue bilang gitu? iya karena sewaktu gue beli kan bulann ramadhan saat itu jam setengah 6 sore,
nah disamping kakek itu udah ada sekotak nasi, hmmm mungkin ada orang yang kasih kakek itu makanan untuk berbuka (pikir gue).
masih memilih-milih kaset cd yang mau gue beli, ada seorang pemuda laki-laki datang menghampiri kakek itu...
pemuda itu bawa sekantong ta'jil untuk kakek itu, dengan senyum ramah pemuda itu kasih plastik itu ke si kakek...
berkali-kali kakek itu bilang terima kasih sama pemuda itu. pemuda itu aja terang-terangan kasih ta'jil sama kakek itu  ga malu-malu....
masa gue yang cuma mau beli aja harus malu-malu dulu sih?
sejak saat itu, gue putus urat malu gue untuk membeli dagangan dari kakek atau nenek manapun...

dua kakek-kakek hebat itu mengingatkan gue sama alm mbah kakung gue...
gue emang udah ga punya kakek atau nenek, tapi apapun kalau gue liat ada kakek dan nenek...
gue mengganggap itu kakek dan nenek gue juga hehe....
sekarang aja kalau mau naik bajaj dari kramat ke kantor pasti gue pilihnya tukang bajaj yang udah berumur :')

jadi gitu, belilah apapun itu kalau yang jual kakek-kakek atau nenek-nenek.
memang siiih terkadang kita ga butuh itu, tapi mereka butuh...
butuh uang yang ada di dompet kita untuk sesuap nasi :')

salam ukhti Gesti



Follow Me On Twitter Follow Me On Instagram Follow Me On Facebook ndorogestii@gmail.com Follow Me On Fanpage Facebook

0 Response to "Belilah meskipun kita tidak begitu butuh"

Post a Comment