Contoh program menggunakan if..then..else..




***Contoh program if…then..***

 
Logikanya : jika N lebih besar dari 20 maka program akan langsung ke baris 60 yaitu program selesai. Jika perintah tersebut belum terpenuhi maka program akan terus mencetak “kuadrat dari” N “=” N*N



Outputnya seperti gambar di bawah ini:


Outputnya hanya sampai kuadrat dari 20 = 400 karena perintah sudah terpenuhi, 21 tidak lebih besar dari 20 dan program pun selesai.



*** Membuat program input mengggunakan string ($) ***
 







*** Membuat program input nilai dengan keterangan ***




Logikanya : input “nilai akhir : ” masukan nilainya. Jika perintah nilai tersebut kurang dari sama dengan 60 maka program langsung ke keterangan ‘’ANDA MENGULANG TAHUN DEPAN’’ program tersebutpun terpenuhi dan selesai tanpa harus ke perintah selanjutnya.  Tetapi jika perintah tersebut belum terpenuhi program akan membaca perintah selanjutnya yaitu jika nilai lebih dari sama dengan 60 maka program akan mencetak  ‘’SELAMAT ANDA LULUS DENGAN NILAI (nilai yang telah di input)’’ dan program selesai.

Output dari perintah-perintah tersebut adalah:



Karena nilai akhir 80 dan 80 lebih besar dari sama dengan 60 maka outputnya “SELAMAT ANDA LULUS DENGAN NILAI 80’’, sebaliknya karena nilai akhir 50 dan 50 kurang dari sama dengan 60 maka outputnya ‘’ANDA MENGULANG TAHUN DEPAN”.


*** membuat program menggunakan select,,case,,case else,, ***






Logikanya : yang akan keluar di output adalah kalimat yang ada di dalam tanda kutip yaitu “nama :’’ masukkan nama kemudian akan muncul ouput kelas dan masukkan kelas. Akan muncul kembali nilai mid test masukkan nilai midnya dan masukkan juga nilai finalnya. Apabila rata-rata nilainya kurang dari 60 maka perintah outputnya adalah “kurang nichh belajarnya”, jika rata-rata nilai kurang dari 70 maka perintah outputnya “lumayan sedang belajarnya” pilihan perintah yang terakhir adalah apabila ke dua perintah sebelumnya tidak terpenuhi maka akan mencetak “baik sekali belajarnya”.
Outputnya seperti gambar di bawah ini:








Follow Me On Twitter Follow Me On Instagram Follow Me On Facebook ndorogestii@gmail.com Follow Me On Fanpage Facebook

0 Response to "Contoh program menggunakan if..then..else.."

Post a Comment